Wednesday, March 6, 2019

GRAMMAR BAHASA TURKI - Şahıs (Kişi) Zamirleri (PERSONAL PRONOUN-KATA GANTI ORANG)

1.  GRAMMAR BAHASA TURKI
A.   PERSONAL PRONOUN - Şahıs (Kişi) Zamirleri (KATA GANTI ORANG)
Adalah kata yang digunakan untuk menggantikan orang, benda, binatang atau hal lainya.
1.      Kata ganti sebagai subjek:
Ben = Saya, Aku (I)
Sen = Kamu, engkau (you)
O = Dia (she/he/it) 
Biz = Kita, kami (we) 
Siz = Anda, Kalian (You; formal, polite singular & plural)
Onlar = Mereka (they)
Contoh:
o   Nama saya adalah Suhenti . saya adalah seorang guru. 
(my name is Suhenti. I am a teacher)
Benim adım Suhenti, ben bir öğretmenim.
o   dia adalah seorang pelajar 
(she is a Student)
O bir öğrencidir
o   mereka pintar 
(They are Smart)
onlar zekidirler/ onlar zekiler
2.      Kata ganti sebagai objek:
1) ACCUSATİVE CASE (sebagai objek) objek langsung 
Beni = Saya, Aku (me)
Seni = Kamu, engkau (you)
Onu = Dia, -nya (him/her/it)
Bizi = Kita, kami (we) 
Sizi = Anda, Kalian (You)
Onları = Mereka (them)
Contoh:
o   Dian menelepon elya 
(Dian calls elya:dian calls her)
Dian onu cağırır
o   Saya menelepon dia 
(I call him)
Ben onu ararım
o   Mereka tahu kita 
(they know us)
Bizi tanıyorlar
o   Ben seni görüyorum  
saya lihat kamu
o   sen onu yedin
kamu sudah makan itu
2) DATİVE CASEKata ganti di kepada (objek tidak langsung)
Bana = Kepada saya, kepadaku (to me)
Sana = kepada kamu, kepadamu (to you)
Ona = Kepada dia, kepada-nya (to him/her/it)
Bize = Kepada kita, kepada kami (to us)
Size = Kepada Anda, kepada kalian (to You)
Onlara = Kepada mereka (to them)
Contoh:
o  Ben onlara kebap aldım 
(saya sudah membeli kebap ke mereka)
o  sen bana dedin 
(kamu sudah bilang ke saya)
o  o onu ona verdi 
(dia sudah memberi itu ke dia)
3. POSSESİVE CASE
Benim = Kepunyaan Saya, punya-ku, milik-ku (mine)
Senin = kepunyaan kamu, punya-mu, milik-mu (yours)
Onun = Kepunyaan dia, milik dia, milik-nya (his/her/its)
Bizim = Kepunyaan kita, punya-kita, milik-kita (our)
Sizin = Kepunyaan Anda, Kepunyaan Kalian, punya kalian, milik Anda (Yours)
Onların = Kepunyaan mereka, punya mereka, milik mereka (their)
Contoh:
Benim babam (Bapak Saya / Bapak-ku)
Senin baban (Bapak kamu)
 Onun babası (Bapak-nya dia )
Bizim babamız (Bapak kami)
Sizin babanız (Bapak kalian / Bapak Anda)
Onların babaları (Bapak-nya mereka)
4. Reflexive Pronouns (Kata Ganti Refleksif)
Kendim= saya sendiri (myself)
Kendiniz=kamu sendiri (yourself) kata ganti orang tunggal
Kendisi= dia sendiri (himself/herself/itself)
kendimiz= kami sendiri (ourselves)
kendiniz= anda/kalian sendiri (yourselves) kata ganti orang jamak
kendileri= mereka sendiri (themselves)
Contoh:
saya mengendarai mobil oleh saya sendiri
I drive car by myself.
(Arabayı kendi başıma sürerim)
kamu marah dengan diri kamu sendiri
You are angry with yourself.
(Kendi kendine kızgınsın)





0 comments:

Post a Comment

ALFABET BAHASA TURKI

Kita langsung saja ke pembahasan, mengenal Alfabet Turki sbb: 1.       ALFABET BAHASA TURKI Alfabet Turki terdiri dari 29 alfabert yang ...