Wednesday, March 6, 2019

IMBUHAN KEPEMILIKAN – iyelik eki BAHASA TURKI


1.      IMBUHAN KEPEMILIKAN – iyelik eki
Yaitu tambahan huruf untuk menunjukan kepemilikan, misalnya namaku, bukuku, mataku,dll
A.    Bentuk positif (olumlu)
Rumus:

Vokal terakhir – tambahan vokal
Untuk jamak Onlar:
·         Huruf tebal: a/ı/o/u: Lar

·         Huruf tipis: e/i/ö/ü: Ler

kata ganti
kata ganti kepemilikan
imbuhan kepemilikan (iyelik ekleri)
Ben
Benim
-(ı)m, -(i)m, -(u)m, -(ü)m
Sen
Senin
-(ı)n, -(i)n, -(u)n, -(ü)n
O
Onun
-(ı), -(i), -(u), -(ü), -sı,-si,-su,-sü
Biz
Bizim
-(ı)mız, -(i)miz, -(u)muz, -(ü)müz
Siz
Sizin
-(ı)nız, -(i)niz, -(u)nuz, -(ü)nüz
Onlar
Onların
-lar+ı, ler+i

Contoh:
·         Benim ayakkabım: Sepatuku
·         Senin ayakkabın: Sepatumu
·         Onun ayakkabısı: Sepatunya (dia)
·         Bizim ayakkabımız: Sepatu kita
·         Sizin ayakkabınız: Sepatu kalian
·         Onlar ayakkabıları: Sepatu mereka

Huruf Vokal Terakhir
a,ı= ı
 e,i= i
o,u= u
ö,ü= ü
Baba (ayah)
Anne (ibu)
depo (gudang)
örtü (selimut)
Benim
Babam
Annem
depom
örtüm
Senin
Baban
Annen
depon
örtün
Onun
Babası
annesi
deposu
örtüsü
Bizim
Babamız
annemiz
depomuz
örtümüz
Sizin
Babanız
anneniz
deponuz
örtünüz
Onların
Babaları
anneleri
depoları
örtüleri
Huruf konsonan Terakhir
a,ı= ı
 e,i= i
o,u= u
ö,ü= ü
ad (nama)
Kalem (pena)
Telefon
köy (desa)
Benim
adım
Kalemim
Telefonum
köyüm
Senin
adın
kalemin
Telefonun
köyün
Onun
adı
kalemi
Telefonu
köyü
Bizim
adımız
kalemimiz
Telefonumuz
köyümüz
Sizin
adınız
kaleminiz
Telefonunuz
köyünüz
Onların
adları
kalemleri
Telefonları
köyleri
Ø  Senin adın ne? (Siapa namamu?)
Ø  Benim adım suhenti (namaku suhenti)
Ø  Bu ayakakabı kimin? (Ini sepatu siapa?)
Ø  Bu onun ayakkabısın (ini sepatu dia)


B.    Bentuk Negatif (olumsuz)
Ditambahkan değil dibagian akhir kalimat tanpa mengubah bentuk kata, misalnya:
Contoh:
·         Benim ayakkabım değil: Bukan Sepatuku
·         Senin ayakkabın değil: Bukan Sepatumu
·         Onun ayakkabısı değil: Bukan Sepatunya (dia)
·         Bizim ayakkabımız değil: Bukan Sepatu kita
·         Sizin ayakkabınız değil: Bukan Sepatu kalian
·       Onların ayakkabıları değil: Bukan Sepatu mereka


ada 3 pengecualian dlam iyelik eki yaitu
1.      penghalusan konsonan
K: ğ, D: t, P:b , Ç:c
Contoh: Çocuk dihaluskan menjadi Çocuğ (anak)
·         Benim Çocuğum
·         Senin Çocuğun
·         Onun Çocuğu
·         Bizim Çocuğumuz
·         Sizin Çocuğunuz
·         Onların Çocuğu/ Çocuklar
         Kitap: benim Kitabım (Buku saya)    
2.    Peluluhan menghilangkan huruf vokal akhir
·         Burun: Senin Burnun (kamu Hidung)
·         Karın: Benim Karnım (Perut saya)

3.    Pengunaan dengan imbuha dimana, kemana,dan darimana

Dimana? (DA:di) Tunggal (tekil) Jamak (çoğul)
Benim evimde evlerimde
Senin evinde evlerinde
Onun evinde evlerinde
Bizim evimizde evlerimizde
Sizin evinizde evlerinizde
Onların evinde evlerinde

Kemana? (ya:ke) Tunggal (tekil) Jamak (çoğul)
Benim Odama Odalarıma
Senin Odana Odalarına
Onun Odasına Odalarına
Bizim Odamıza Odalarımıza
Sizin Odanıza Odalarınıza
Onların Odasına Odalarına
Darimana? (Dan:dari) Tunggal (tekil) Jamak (çoğul)
Benim okulumdan okullarımdan
Senin okulundan okullarından
Onun okulundan okullarından
Bizim okulumuzdan okullarımızdan
Sizin okulunuzdan okularınızdan
Onların okulundan okullarından

·         Ön (Depan) di depan meja: Masanın önünde
·         Yan (Samping) di samping meja:  Masanın Yanında
·         Sağ (kanan) di kanan meja: Masanın sağında
·         Sol (kiri) di kiri meja : Masanın solunda
·         Arka (belakang) di belakang meja: Masanın arkasında
·         Üst ( atas) di atas meja: Masanın Üstünde
·         Alt (bawah): di bawah meja: Masanın altında
·         Karşı (seberang) di seberang meja:  Masanın Karşısında
·         Köşe (sudut) di sudut meja: Masanın Köşesinde
·         iç (dalam) di dalam meja: Masanın içinde
·         dış (luar) di luar meja: Masanın dışında

0 comments:

Post a Comment

ALFABET BAHASA TURKI

Kita langsung saja ke pembahasan, mengenal Alfabet Turki sbb: 1.       ALFABET BAHASA TURKI Alfabet Turki terdiri dari 29 alfabert yang ...